Rusmadi Hadiri Kegiatan Bimtek UKS, Guna Tingkatkan Kapasitas Sekolah

Foto : Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso.

Foto : Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Peningkatan Kapasitas Penanggung jawab Ketua Tim Pelaksana SMP Negeri dan SMP Swasta se-Kota Samarinda, digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Hotel Royal Park tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Samarinda sekaligus Ketua Tim Penggerak Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) Kota Samarinda, Rusmadi Wongso, Selasa (11/10/2022).

Rusmadi Wongso menerangkan dalam sambutannya, Bimtek UKS merupakan posisi strategis agar menjadikan sekolah tempat belajar yang sehat, bersih, serta menyenangkan bagi para siswa-siswi terlebih dalam suasana kurikulum Merdeka.

Berita Lainnya:  Dapat Laporan Warga, Wali Kota Langsung Tinjau Lokasi Longsor di Perum Korem

“Sekolah itu harus dijadikan taman, karena pendidikan itu hakikatnya bukan hanya memberikan pengetahuan dan pengajaran, tetapi yang paling penting menciptakan perubahan perilaku anak didik agar menjadi lebih disiplin, sehat, perhatian terhadap lingkungan sekolah,” ucap Rusmadi Wongso.

Dalam upaya cipta perubahan perilaku, dinilai Rusmadi hal tersebut dapat membuat generasi yang berkualitas serta bisa bermanfaat bagi lingkungan sosial.

Berita Lainnya:  Sani Jelaskan Pemkot Samarinda Seharunya Beri Pembinaan Kepada Badut Jalanan

Kemudian, Kepala Disdikbud Samarinda, Asli Nuryadin melalui PLH Kabid SMP, Nurpatria menambahakan, kebersihan sanitasi dan jajanan luar sekolah juga harus menjadi perhatian khusus. Para guru harus dapat memperhatikan dan menegaskan kepada para pedagang jajanan agar tidak menjajakan dagangannya di wilayah sekitar sekolah.

“Tentunya kita tidak bisa memonitor kesehatan maupun higienisnya makanan yang dijual tersebut,” tutur Nurpatria.

Berita Lainnya:  RAD Kepemudaan Mudahkan Kerja Sama Lintas Sektoral

“Kami menekankan kepada para peserta yang terdiri dari guru SMP Negeri, maupun Swasta yang hadir dalam bimtek UKS ini. Sanitasi di lingkungan sekolah terus menerus kami ingatkan untuk selalu bersih dan nyaman bagi para siswa-siswi,” pungkas Nurpatria.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Nfl)

Loading

...

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Print Friendly, PDF & Email

terkait

.