Kembali Gelar Sosbang, Mashari Rais Terus Tegaskan Pemahaman Wawasan Kebangsaan ke Masyarakat

Gelar Sosbang, Mashari Rais Terus Tegaskan Pemahaman Wawasan Kebangsaan ke Masyarakat.

Gelar Sosbang, Mashari Rais Terus Tegaskan Pemahaman Wawasan Kebangsaan ke Masyarakat.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Mashari Rais kembali menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) sebagai upaya memberikan pemahaman masyarakat terkait ideologi pancasila.

Dalam sambutanya, Mahari mengatakan bahwa seluruh anggota dewan bergerak secara serentak melakukan sosialisasi karena telah mendapatkan perintah oleh undang-undang. Sosbang yang dilakukan oleh Anggota Komisi I tersebut digelar di Kecamatan Samarinda Ulu, Rabu (30/11/2022).

Ia mengatakan bahawa empat pilar kebangsaan yang menjadi poin penting sosialisasi merupakan hal konkret yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Mashari Rais menilai bahwa kegiatan sosialisasi itu penting dilaksanakan, apalagi kepada masyarakat dan para pemuda. Sehingga pemahaman tentang kebangsaan dapat ditanamkan untuk putra-putri, terlebih untuk dirinya sendiri. 

Empat pilar kebangsaan yang dimaksud oleh Anggota Komisi I tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Puji menyebut, keempat konsensus kebangsaan itu wajib dikenalkan kepada generasi penerus bangsa. 

“Sosbang ini akan meluruskan ideologi apa yang menjadi dasar didirikannya Indonesia,” ungkapnya.

“Makanya setiap sosialisasi kebangsaan selalu diawali dengan lagu Indonesia Raya. Karena kita tidak ingin apa yang telah diletakkan oleh para pendahulu tentang pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika tercerai berai,” sambunganya.

Mashari juga menjelaskan, sosbang merupakan cara legislatif menyuarakan rasa cinta Tanah Air kepada masyarakat. Salah satunya dengan memahami Pancasila sebagai landasan hidup warga negara.

“Dalam setiap butir pancasila adalah cerminan kita sebagai bangsa Indonesia. Harus bersatu, saling menghargai, tidak boleh bercerai-berai, saling gotong-royong,” tegasnya.

Melalui Pancasila juga, Mashari Rais berharap generasi muda dapat konsisten melakukan kegiatan-kegiatan positif. 

“Pesan saya untuk generasi muda, jauhi narkoba, jauhi pergaulan bebas, jauhi kenakalan remaja serta jauhi hal-hal yang dapat merusak pancasila,” ungkapnya. 

Yang Terpenting, Politis Partai Gerindra itu berpesan berharap sosbang yang gelar ini masyarakat dapat memahami ideologi dan dasar negara. Karena pembangunan ke depan ada pada pundak generasi penerus bangsa.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Loading

...

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Print Friendly, PDF & Email

terkait

.