Dongkrak PAD, Walikota Samarinda Luncurkan 2 Kapal Pandu

Wali Kota Samarinda Andi Harun (tengah), resmikan 2 Assist Kapal yang memiliki potensi peningkatan PAD Kota Tepian.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda Luncurkan 2 Kapal pandu bersama pihak ke tiga Perumda Varia Niaga dan Pelindo, bertempatan di Dermaga pasar pagi, Jalan Gajah Mada, Kelurahan Pasar Pagi, Kamis (30/6/2022).

Wali Kota Samarida Andi Harun menjelaskan kepada awak media, kerjasama yang melatar belakangi terwujudnya Perumda Varia Niaga dan Pelindo, merupakan salah satu cara untuk meningkatkannya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tepian.

“Dan dalam rangka melakukan peningkatan PAD. Tentu program intensifikasi dan eksentifikasi terhadap PAD,” tutur Andi Harun, kepada awak media.

Wali Kota Samarinda menyampaikan, di kota ini memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang belum tergarap secara maksimal salah satunya sungai Mahakam.

“Sungai Mahakam memiliki potensi, dan hari ini kita memulai melakukan kemitraan strategis dengan Pelindo bersama Perumda Varia Niaga. Agar secara konsisten kita akan menggarap potensi PAD disektor alur pelayanan Mahakam,” ujarnya.

Grand Launching mengeluarkan dua unit assist kapal, yang akan berfokus dibawah pengolongan jembatan.

“Revenue yang akan kita dapat kurang lebih 3 miliar dua kapal. Dan itu akan dibagi secara bisnis ke mitra Pelindo serta Perumda Varia Niaga,” ungkapnya.

Berita Lainnya:  Sasar Pelajar, Mashari Rais Gelar Sosper Pencegahan Narkotika di Lingkungan Sekolah

Orang nomor satu di Samarinda mengajukan, kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk meminta persetujuan pengassist di bawah kolong Jembatan Kembar dan Jembatan Mahulu.

“Ini bisa menjadi tambahan pendapatan bagi usah jasa transportasi kita, dalam bidang assist kapal ponton yang melintas dibawah kolong jembatan kota ini,” harapnya.

Lalu wali kota bersama Pemkot memiliki program baru yang akan di eksekusi dalam waktu dekat ini. Yaitu suplai air ke kapal-kapal yang melintasi Sungai Mahakam.

Berita Lainnya:  Dinkes Samarinda Dorong Perempuan Konsumsi Protein Hewani

“Kita punya potensi air yang setelah dioptimasi dari beragam hal produksi air bersih, nanti akan kolaborasi antara dua perusahan daerah. Dimana PDAM akan menjamin suplai airnya, lalu perdagangannya dilakukan oleh Varia Niaga. Kemudian akan bekerjasama pula dengan Pelindo agar suplai air ke kapal tugboat, facial dan lain sebagainya. Itu penghasilnya sangat siknifikan dengan peningkatan PAD Kota Samarinda,” pungkasnya.

(NFL/DZL)

Loading

...

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Print Friendly, PDF & Email

terkait

.