Tarik Wisatawan, Dispar Kukar Canangkan Pembangunan Waterboom di Pulau Kumala

Pulau Kumala.

Pulau Kumala.

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) merancangkan pembangunan terpopuler Kukar yakni waterboom di Pulau Kumala. Destinasi Wisata yang dikelola Dinas Pariwisata (Dispar) secara perlahan mulai berbenah sejak September lalu.

Slamet Hadiraharjo, selaku Kadispar Kukar menyebut Pulau Kumala memiliki daya tarik tersendiri, hal ini yang membuat pihaknya berkomitmen untuk membenahi Pulau Kumala. Walaupun rencana tersebut sempat terhambat, namun masyarakat lokal maupun luar Kukar masih antusias mengunjungi Pulau Kumala.

Slamet turut membeberkan kini pihaknya tengah mematangkan rancangan pembangunan wahana rekreasi untuk menghadirkan kembali ketenaran Pulau Kumala setelah sebelumnya diungkap Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

Berita Lainnya:  Desa Tengin, Sepaku, Kaltim Tuan Rumah Penganugerahan Desa Anti Korupsi ke-3: Persiapan Matang untuk Event Nasional

“Kalau disetujui tahun depan, kami akan lakukan perencanaan sekalian pembangunan,” ungkap Slamet, Selasa (25/10).

Slamet mengakui pihaknya masih minim akan referensi terkait konsep yang menunjukkan keunikan serta ciri khas yang dihasilkan, sehingga proses pembangunan akan ditinjau kembali secara internal bersama dengan jajaran Dispar. Pembangunan waterboom ini bukan semata wayang untuk menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Pulau Kumala, melainkan untuk menarik investor juga.

Berita Lainnya:  Deni Hakim Anwar Dorong Pembaharuan Data Kemiskinan, Langkah Cerdas untuk Tangani Tantangan Sosial

“Selain menambah daya tarik wisata ini juga untuk menarik investor. Karena yang menjadi penyebab investor kurang adalah daya jualnya. Tapi dengan penambahan wahana otomatis lebih menyedot wisatawan,” terangnya.

Dispar Kukar memutuskan membangun wahana rekreasi waterboom karena letak geografis Kukar yang diarungi Sungai Mahakam membuat masyarakat tak luput dari air. Masyarakat yang sebelumnya berenang di tepi sungai, kini dapat merasakan sensasi berbeda ketika berenang di waterboom. Dispar Kukar melakukan terobosan baru dengan menciptakan wahana rekreasi waterboom untuk kali pertama di Tenggarong jika rencananya dapat terealisasikan.

Berita Lainnya:  BPBD Kukar Akan Berikan Pelatihan dan Pembinaan Guna Maksimalkan Peran Balakar

“Semoga kedepan bisa kolaborasi dengan OPD lain yang bisa menambah daya tarik Pulau Kumala,” tutup Slamet.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Ash/ADV)

Loading

...

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Print Friendly, PDF & Email

terkait

.