OIKN Tunjuk Samboja Barat Jadi Tuan Rumah Nusantara AGRIfest 2023

Foto: Bupati Kukar, Edi Damansyah menerima rombongan OIKN terkait Nusantara AGRIfest 2023 yang akan digelar di Kecamatan Samboja Barat. Sumber: Prokom

Foto: Bupati Kukar, Edi Damansyah menerima rombongan OIKN terkait Nusantara AGRIfest 2023 yang akan digelar di Kecamatan Samboja Barat. Sumber: Prokom

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi tuan rumah Nusantara AGRIfest 2023, yang diselenggarakan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Pada kesempatan ini, Desa Margo Mulyo, Kecamatan Samboja Barat dipercaya menjadi lokasi digelarnya berbagai kegiatan dalam Nusantara AGRIfest 2023.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna Safitri, dalam audiensi yang juga dihadiri Bupati Kukar, Edi Damansyah, beserta jajarannya.

Myrna Safitri menjelaskan, AGRIfest 2023 merupakan forum belajar dan promosi pertanian secara berkelanjutan.

Nantinya terdapat berbagai kegiatan, seperti temu petani, forum bisnis, pameran, pasar seni dan pasar murah pangan serta berbagai bentuk kesenian.

“Nusantara AGRIFest 2023 merupakan kegiatan tahunan pertama yang diselenggarakan Otorita IKN, tepatnya di Desa Margo Mulyo, Kecamatan Samboja Barat, IKN bersama para mitra,” ujarnya.

Myrna mengatakan tujuan dari Nusantara AGRIFest 2023 ini untuk mendiskusikan bagaimana pertanian yang ada di IKN dan di Kukar bisa terkoneksi.

Dengan demikian, dapat membangun ekosistem untuk mengembangkan pertanian, karena di IKN arahannya adalah pembangunan pertanian yang sejalan dengan pengendalian hutan.

Edi Damansyah mengapresiasi dan menyambut baik Kukar dilibatkan dengan berkolaborasi bersama para petani yang ada di Kecamatan Samboja.

“Tepat sekali kegiatan Nusantara AGRIFest digelar di Kecamatan Samboja Barat karena ada beberapa keunggulan, di antaranya kelompok pemuda yang tergabung di petani milenial dan KTNA, terdiri dari petani dan nelayan,” ucap Edi.

Turut hadir dalam audensi tersebut Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Wiyono; PLt Kadis Perkebunan, Ahmad Taufik; Kepala DPMPTSP Kukar, Alfian Noor; serta Kadis Pertanian Kukar, Sutikno.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait