DPMD Kukar Kembangkan Aplikasi Sie Desa Guna Mempermudah Pendataan Desa

Launching aplikasi gagasan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kukar, Sie Desa (Istimewa)

Launching aplikasi gagasan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kukar, Sie Desa (Istimewa)

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) hadirkan inovasi terbaru dengan mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Elektronik (Sie) Desa. Aplikasi ini nantinya diharapkan mampu menghimpun, mengelola, serta memanfaatkan data-data di Pemerintah Desa se-Kukar yang dimulai dari BPD, pengarsipan, kelembagaan, perangkat, aset hingga data desa agar selaras.

Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Forkopimda serentak meluncurkan aplikasi pada Rabu (9/11/2022). Arianto, selaku Kadis PMD Kukar menyampaikan program ini merupakan terobosan yang akan mempermudah perangkat-perangkat Pemdes. Arianto bercermin kepada masa lalu dimana laporan dibuat secara manual dengan diketik di komputer hingga dikirim dalam bentuk fisik. Namun, kini prosesnya menjadi lebih singkat dengan mengunggahnya di aplikasi dan langsung terhubung ke DPMD Kukar.

Berita Lainnya:  Wujudkan Pembangunan Kota Samarinda Perlu Visi dan Misi Matang

“Kalau dulu kita nunggu, data diolah dulu baru dia akan berubah. Real time datanya, kalau ada perubahan data Kami di DPMD bisa monitor langsung dan bisa menyesuaikan data itu,” jelas Arianto.

Adapun sosialisasi serta koordinasi terkait aplikasi telah dilaksanakan DPMD Kukar dengan 193 Kades sejak Rakerda di Oktober lalu. Arianto menambahkan dengan bantuan aplikasi, kini pekerjaan Pemdes menjadi lebih efisian. Menurutnya, Pemdes akan segera merasakan manfaat dari aplikasi ini.

Berita Lainnya:  Edi Damansyah Paparkan Program Kukar Idaman di "Bincang Kita" Kompas TV

“Aplikasi ini juga bagian dari menjalankan amanat program prioritas Pemkab Kukar, yakni Digitalisasi Pelayanan (Disapa). Harapan kita ini bisa dijadikan salah satu alat untuk memperbaiki data-data kita di desa dan DPMD serta pihak-pihak lain yang terkait. Sehingga dapat lebih mudah membuat program kegiatan atau kebijakan lebih tepat sasaran. Kita perbaiki sesuai data itu,” tutup Arianto.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Ash/ADV)

Loading

...

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Print Friendly, PDF & Email

terkait

.