Penerapan E-Parking Bakal Diperbanyak Tahun Ini

Kepala Dinas Perhubungan Samarinda, Hotmarulitua Manalu. (ISTIMEWA)

Portalborneo.or.id, Samarinda – Diketahui, Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda menjadi OPD pelaksana program e-Parking. Setelah uji coba e-Parking di tahun 2022, pihaknya bakal memperbanyak titik e-Parking di tahun 2023 ini.

Kepala Dishub Samarinda, Hotmarulitua Manalu menerangkan, pihaknya akan menambah jumlah titik e-Parking. Yakni sebanyak 43 titik parkir di tepi jalan. Dishub juga sedang melakukan beberapa langkah untuk mewujudkannya.

“Jukir-jukirnya sudah kita panggil dan dikontrak agar mereka tak lagi menerima pembayaran parkir secara tunai. Kami juga akan pasang CCTV di titik tersebut supaya kami bisa memantau apabila ada jukir yang masih menerima pembayaran parkir tunai. Kalau ketahuan, nanti kami putus kontraknya dan diserhakan ke tim satgas parkir. Itu ada Satpol PP, polisi militer, Dishub dan Polrestas,”terang Manalu.

Berita Lainnya:  Tanggapan Fraksi PDI Perjuangan Terhadap Ranperda Inisiatif Pengutamaan Bahasa Indonesia

Mekanisme pemungutannya secara umum ialah jukir akan menginformasikan terlebih dahulu kepada masyarakat yang ingin parkir ke salah satu 43 titik tersebut bahwa pembayaran parkir menggunakan non tunai.

“Jadi sebelum mereka markirkan kendaraannya, mereka diwajibkan membayar retribusi parkir. Bila mana tidak mau, maka mereka dipersilakan mencari parkir di tempat lain. Kalau ada, mereka langsung dikenakan pembayarannya di depan. Supaya tidak ada alasan lagi ngatur sana-sini dan keterlambatan,”lanjutnya.

Berita Lainnya:  Pembagian BLT Dana Desa di Kaltim Capai Rp92,13 Miliar, Salurkan Bantuan ke 37.179 Keluarga Penerima Manfaat

Selain e-Parking di tepi jalan, Dishub Samarinda juga bakal menerapkan e-Parking di pusat perbelanjaan. Dimana, pihaknya menghimbau manajemen mall untuk memberlakukan 70-30 gate parkir. 70 persen gate non tunai dan 30 persen gate tunai. Penerapan tersebut harus diberlakukan hingga 1 Maret 2023.

“Ini memaksa masyarakat. Bila mana mereka mau tidak mau mengantre saat keluar dari gate, itu mau tak mau harus membayar parkir secara non tunai,”tegasnya.

Berita Lainnya:  Anggota Komisi III DPRD Samarinda Markaca Puji Kepemimpinan andi Harun

Dishub menghimbau masyarakat Tepian untuk memiliki kartu e-Money. Seperti tap cash, Frizzi, b-money.

(ADV/Sya*)

Loading

...

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Print Friendly, PDF & Email

terkait

.