KPU : Debat Perdana Capres, Cawapres Tetap Mendampingi tapi Tidak di Panggung

Caption : Ketua KPU Hasyim Asy'ari memberikan keterangan pers terkait Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta, Selasa (28/11/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Portalboreno.or.id, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari memastikan, format debat pemilu presiden (Pilpres) 2024 yaitu saling mendampingi antara calon presiden dan wakilnya. Ini Berbeda dengan periode 2019 yang berkonsep tunggal dan hanya dihadiri salah satunya saja.

Meski mengubah format, namun Hasyim memastikan hanya kandidat yang berkepentingan yang bisa naik ke atas panggung. Sebagai contoh besok, pada debat perdana adalah kesempatan bagi calon presiden maka calon wakil presiden tidak berhak naik ke panggung.

“Perlu kami tegaskan, besok malam adalah debat calon presiden, maka yang tampil di panggung untuk berdebat adalah calon presidennya saja,” kata Hasyim di Kantor KPU RI dilansir dari Liputan6.com Jakarta, Senin (11/12/2023).

Hasyim lalu menambahkan, debat perdana besok akan berlangsung selama enam segmen yang terbagi atas porsinya masing-masing. Pada segmen pertama, Hasyim menjelaskan, sesi akan diisi oleh visi misi dan gagasan.

Artinya, setiap calon memiliki waktu menyampaikan pandangan dan pemahamannya terkait tema yang sudah ditentukan. Diketahui, tema untuk debat pertama adalah Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Hasyim menambahkan, baru kemudian pada segmen dua hingga segmen lima model debat akan dilangsungkan secara interaktif, dengan pertanyaan yang diajukan oleh panelis dan masing-masing calon bisa saling menanggapi.

“Sehingga diharapkan ada kesempatan calon dapat menyampaikan pandangan tertentu terhadap tema yang telah ditentukan,” jelas Hasyim.

“Segmen enam penutupan atau closing statement, jadi sesi penutup tanpa pertanyaan,” imbuh Hasyim menandasi. (*)

 

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait