Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam Raja-Raja Kutai Kartanegara 

Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam Raja-Raja Kutai Kartanegara, Rabu (6/12/2023).

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Calon Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, melanjutkan rangkaian kampanyenya dengan mengunjungi Kedaton Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pada Rabu (6/12/23) siang. Kunjungan ini tak hanya menjadi momen politik, tetapi juga menjadi wujud penghormatan kepada leluhur, khususnya para raja dan sultan Kutai Kartanegara.

Ganjar Pranowo, yang diusung oleh PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Hanura, melakukan ziarah ke makam sejumlah tokoh bersejarah, termasuk Sultan M. Muslihuddin, Sultan M. Salehudin, dan A.M Parikesit. Dalam kesempatan tersebut, calon presiden tersebut mengenakan kopiah, kemeja hitam, dan celana berkelir krem, sambil mendoakan agar para leluhur yang telah tiada mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya.

Menurut Ganjar, menjaga dan mengenang sejarah kerajaan dan kesultanan Nusantara adalah bagian integral dari warisan budaya yang membentuk peradaban bangsa Indonesia. Dalam pernyataannya, Ganjar menegaskan pentingnya tidak melupakan jasa dan ajaran-ajaran positif yang ditinggalkan oleh para leluhur.

“Kita tidak boleh melupakan leluhur kita. Pasti ada ajaran-ajaran yang baik. Kita tidak lupa sejarah, dan mereka ini pendiri Kota Tenggarong, daerah yang pernah menjadi daerah kesultanan dan istimewa dengan kontribusinya kepada bangsa dan negara,” ujar Ganjar.

Dalam perjalanan ziarahnya, Ganjar ditemani oleh Sultan Kutai Kartanegara Aji Muhammad Arifin, serta beberapa tokoh adat dan raja-raja Nusantara yang tergabung dalam Dinasti Nusantara. Bersama-sama, mereka menegaskan komitmen untuk menjaga keberlanjutan adat budaya Indonesia.

Ganjar juga menyoroti peran pemerintah dalam memberikan dukungan kepada raja, sultan, dan pemangku adat agar tetap eksis sebagai bagian tak terpisahkan dari kekayaan budaya bangsa. Ia menegaskan bahwa pemerintah perlu memberikan perhatian yang lebih besar kepada mereka.

“Perhatian pemerintah diperlukan kepada mereka. Pemerintah akan memberikan dukungan kepada mereka, termasuk raja, sultan, dan pemangku adat, agar mereka tetap hidup sebagai entitas adat budaya Indonesia,” ungkap Ganjar.

Sebelum melakukan ziarah, Ganjar juga melakukan sowan ke Kedaton Kutai Kartanegara, di mana ia menerima sambutan meriah dari masyarakat, tokoh adat, dan keluarga sultan Ing. Martadipura Kutai Kartanegara. Ganjar juga menerima masukan dan harapan dari masyarakat, terutama Kesultanan Kutai Kartanegara, terkait potensi kepemimpinannya jika terpilih sebagai Presiden pada tahun 2024.

Sebagai catatan, sejak awal kampanye, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terus melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia untuk mendengar aspirasi masyarakat. Setelah mengunjungi sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Ganjar kini berada di Kalimantan Timur dalam rangkaian kampanyenya.

 

Tim Redaksi Portalborneo.or.id

 

 

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait