Samarinda Jadi Kontributor Utama Prestasi Olahraga Kaltim

Foto: Kadisporapar Samarinda Muslimin saat memberikan medali kepada atlet Kota Tepian peraih emas di ajang Porprov Berau lalu.

Foto: Kadisporapar Samarinda Muslimin saat memberikan medali kepada atlet Kota Tepian peraih emas di ajang Porprov Berau lalu.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Dalam tujuannya meningkatkan prestasi olahraga Benua Etam, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, terus mendorong pembinaan atlet di semua kabupaten/kota. Baik melalui organisasi keolahragaan atau pun sentra-sentra olahraga, seperti Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) di bawah binaan Dispora kabupaten/kota.

Hal ini bisa dicontoh seperti yang terjadi di Samarinda. Menjadi daerah sebagai penyumbang atlet dan medali terbanyak untuk Benua Etam, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda. Itu membuktikan bahwa pembinaan olahraga di Kota Tepian sudah berada di jalur yang benar.

Tak asal klaim, penegasan kontribusi ibu kota Kaltim ini sudah berdasarkan data, sebagaimana yang dikatakan Kepala Disporapar Kota Samarinda, H Muslimin. Dari data yang ia terima langsung dari KONI Kaltim, Samarinda berada di peringkat pertama penyumbang medali dan atlet yang lolos Babak Kualifikasi (BK) PON.

“Artinya, ini menjadi gambaran peningkatan signifikan prestasi olahraga di Samarinda, karena pola pembinaan yang kami lakukan bersama KONI dan pengurus cabor betul-betul memberikan perhatian. Berusaha maksimal agar tetap berkesinambungan,” tegas Muslimin.

Kondisi ini juga semakin menegaskan keberhasilan Samarinda menjadi juara umum di ajang olahraga terbesar provinsi, saat Popda dan Porprov tahun lalu.

“Bahkan dengan anggaran yang terbatas, Samarinda bisa menjadi yang terbaik di porprov dengan 254 medal, jauh meninggalkan daerah-daerah lainnya,” ucapnya menambahkan.

Dengan segala pencapaian itu, Disporapar menurut Muslimin berharap bisa menghelat 50 persen cabor-cabor unggulannya, untuk bisa dibuatkan event berskala nasional. Di mana ini bisa menjadi suntikan motivasi dan memberikan pengalaman bertanding bagi para atletnya yang ingin naik ke level lebih tinggi.

“Nanti kami akan buat skala prioritas khusus cabor unggulan untuk diberi peluang mengadakan kejuaraan bersifat nasional di Samarinda. Apalagi wali kota sudah memberikan respons positif dengan prestasi yang kita miliki,” jelas Muslimin.

Disinggung tentang sarana dan prasarana olahraga yang ada, Pemkot disebutnya selalu memberikan ruang kepada cabor untuk memanfaatkan fasilitas yang ada. Contohnya, gedung KNPI, gedung silat, taekwondo, anggar yang ada di Polder Air Hitam, yang bisa digunakan atlet untuk berlatih dalam rangka persiapan mengikuti kejuaraan-kejuaraan.

“Tinggal komunikasi saja ke Disporapar, kami pasti welcome. Dengan catatan, tetap jaga kebersihan dan keamanan. Mari sama-sama menjagalah,” tutupnya mengakhiri. (dee/AdvDisporaKaltim)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait