Kunjungi Kaltim, DPMPD Kaltara Ambil Ilmu dari Kaltim Guna Dorong Posyantek sebagai Mesin Teknologi Pedesaan

Foto : DPMPD Kaltim terima kunjungan DPMPD Kaltara (ist)

Portalborneo.or.id, Samarinda – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar sesi pembelajaran di DPMPD Kaltim untuk memperkuat Pusat Pelayanan Teknologi (Posyantek) pada Jumat (10/11/2023) lalu.

Kunjungan ini dipimpin oleh Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat, Sumber Daya Alam, dan Teknologi Tepat Guna, Iwan Kurniawan. Mereka diterima oleh Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda, Noor Agustina, dan Helvin Syahruddin, didampingi oleh staf terkait.

Noor Agustina menjelaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Kaltim memiliki komitmen yang kuat dalam pembinaan Posyantek sebagai lembaga Pusat Pelayanan Teknologi Tepat Guna (TTG) antar desa. Posyantek memberikan pelayanan teknis, informasi, dan orientasi berbagai jenis TTG di kecamatan.

“Kegiatan ini melibatkan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Posyantek, termasuk bagi penyandang disabilitas. Hasilnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat ke depan,” ungkap Noor Agustina.

Dia menambahkan bahwa DPMPD Kaltara juga akan memfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Posyantek sebagai wadah untuk berkomunikasi dalam pengembangan Posyantek.

“Sejak tahun 2021, DPMPD memberikan bantuan keuangan provinsi bagi 841 desa di Kaltim, yang dapat digunakan untuk pembinaan Posyantek,” tambahnya.

Helvin Syahruddin menyoroti pentingnya memberikan perhatian langsung dan terlibat secara aktif dalam pembinaan Posyantek. Menurutnya, berbaur dan berkomunikasi secara intens dengan masyarakat adalah kunci dalam pengembangan teknologi agar hasilnya lebih bermanfaat.

“Istilah kami dalam pembinaan, jika ingin berbicara tentang masyarakat, kita harus merasakan dan berbaur bersama mereka. Komunikasi yang intens membantu kita melihat potensi agar pengembangan teknologi dapat memberikan manfaat maksimal,” jelasnya.

(adv)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait