Jokowi Resmikan Terminal Megah di Samarinda, Andi Harun: Simbol Kemajuan Transportasi Publik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Samarinda Seberang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Samarinda Seberang.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Dalam langkah maju menuju modernisasi transportasi publik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Samarinda Seberang, sebuah infrastruktur kelas atas yang terletak di Baqa, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

Terminal Tipe A ini bukan sekadar titik transit, melainkan jantung penghubung antara Samarinda dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui jalur Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), yang diharapkan menjadi nadi baru bagi mobilitas warga dan perekonomian lokal.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, dalam sambutannya, tidak hanya menyampaikan rasa terima kasihnya atas pembangunan terminal yang megah ini, tetapi juga menekankan transformasi yang telah terjadi.

“Terminal ini bukan hanya tentang batu dan semen; ini adalah tentang komunitas, konektivitas, dan kemajuan,” ujar Andi Harun, Rabu (28/2/2024).

Beliau juga menggarisbawahi pesan Presiden Jokowi tentang pentingnya pemeliharaan bersama antara pemerintah dan masyarakat Kota Tepian, untuk memastikan terminal ini terus menjadi simbol kemajuan dan tidak menjadi sumber kemacetan serta polusi.

Dengan visi yang jelas, orang nomor satu di Samarinda berharap terminal ini akan menjadi pusat kegiatan yang nyaman bagi masyarakat, sekaligus menjadi platform yang mendukung pertumbuhan UMKM setempat.

Menanggapi kebersihan dan keamanan, dirinya menegaskan komitmennya untuk menjaga terminal ini agar tetap bersih, rapi, dan terbebas dari premanisme, sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi semua pengguna.

Di lain pihak, Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda, Hotmarulitua Manalu mengungkapkan, bahwasanya terminal ini adalah bagian dari inisiatif lebih besar untuk mengatasi kemacetan yang semakin meningkat di kota-kota besar.

“Kami telah berkoordinasi dengan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan untuk mendukung aglomerasi Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi dan mendorong penggunaan transportasi umum yang berkelanjutan,” jelas Manalu.

Dengan pembukaan terminal ini, Samarinda menunjukkan komitmennya untuk membangun masa depan yang lebih hijau dan terkoneksi, sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan Indonesia. (Adv/DiskominfoSamarinda)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait