IMI Didorong Bina Pembalap Liar

Foto: Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading.

Foto: Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Ramainya anak muda yang terlibat balapan liar turut menjadi perhatian Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim. Pasalnya, kegiatan ilegal ini tak hanya membahayakan pelakunya saja, tapi juga menimbulkan kerugian pihak lain juga.

“Aktifitas mereka ini bukan hanya membahayakan pelakunya saja tai juga berpotensi mencelakai orang lain,” keluh Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading.

Menurut Rasman, selain bentuk pencegahan dan sanksi yang dilakukan kepolisian, ada baiknya Ikatan Motor Indonesia (IMI) ikut ambil peranan. Sebagai induk organisasi olahraga otomotif, IMI diharap bisa membimbing dan mengarahkan potensi anak-anak muda itu ke jalur prestasi.

“Peran yang bisa diambil IMI yakni dengan merekrut pembalap liar. Mengarahkan mereka untuk bergabung ke klub motor dan bisa menyalurkan bakatnya di tempat resmi,” harap Rasman.

Rasman mengaku prihatin dengan aktifitas balapan liar ini. Apalagi pelakunya didominasi anak-anak muda yang masih panjang perjalanannya. Alangkah ruginya jika mereka harus melakukan kegiatan yang melanggar hukum dan mengganggu ketertiban umum, dengan risiko nyawa yang bisa saja terbuang sia-sia.

Ia berharap, IMI bisa merespon hal tersebut. Dengan melakukan rekrutmen atlet, untuk kemudian dibina secara profesional.

“Sayang jika tak dibina. IMI harus bisa melihat potensi anak-anak itu. Jika mereka juara tentu akan membawa nama harum daerah juga,” imbaunya memungkasi.

(dee/AdvDisporaKaltim)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait