Era Digital, Pemuda Tak Boleh Tertinggal

Foto : Ilustrasi transformasi digital.

Foto : Ilustrasi transformasi digital.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Perubahan adalah sebuah keniscayaan. Dia akan terus berkembang seirng dengan menuanya zaman. Sebuah proses yang kini berjalan begitu cepat, seiring kian majunya teknologi dan transformasi digital.

Menghadapi kondisi demikian, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) mengingatkan agar masyarakat, khususnya kaum muda dapat beradaptasi dengan baik. Bukan sekadar mahir dalam bermedia sosial, tapi mampu memanfaatkannya dalam mendukung pembangunan.

“Pemuda memiliki peran sentral dalam menghadapi transformasi digital, sehingga perlu dapat beradaptasi dan berkontribusi dalam menghadapi perubahan zaman,” ucap AHK.

Namun, ia juga mengingatkan, dalam memanfaatkan digitalisasi ini, tetap perlu dikedepankan kekuatan moral. Terutama menjalankan fungsinya sebagai sarana kontrol sosial dan aktor agen perubahan.

Ini selaras dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Kepemudaan. Di mana, pemuda diharapkan dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. Sehingga, mereka wajib dituntut untuk bisa meningkatkan kualitas dan daya saingnya. Baik dalam keterampilan teknis maupun sosialnya. Seperti, berpikir kritis, kreatif, sinergitas dan kemampuan berkomunikasi.

“Pemuda sebagai generasi masa depan, perlu meningkatkan dan memguatkan keahlian yang dimiliki,” AHK menekankan.

(dee/AdvDisporaKaltim)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait