Peningkatan Pertanian Melalui Pembangunan Bendungan dan Embung di Kaltim

Foto: Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kaltim.

Foto: Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kaltim.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menandai langkah besar dalam upaya meningkatkan sektor pertanian dengan memprioritaskan pembangunan bendungan dan embung di berbagai wilayah. Pembangunan infrastruktur air ini dianggap sebagai fondasi penting untuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan petani di Kaltim.

Musim kemarau yang panjang baru-baru ini telah memberikan dampak yang signifikan pada hasil panen di wilayah ini. Untuk mengatasi tantangan ini, pemerintah daerah dan pusat telah bersatu hati dalam memprioritaskan pembangunan bendungan dan embung sebagai solusi.

Bendungan dan embung adalah infrastruktur kunci yang dirancang untuk menyediakan air irigasi yang berkelanjutan bagi para petani.

“Infrastruktur ini sangat penting untuk mendukung pertanian. Musim kemarau panjang yang baru-baru ini terjadi telah membuktikan bahwa kita harus memiliki sumber air irigasi yang andal,” ungkap Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kaltim.

Seno Aji juga menyoroti hasil positif yang telah dicapai melalui upaya ini. Data statistik menunjukkan peningkatan hasil gabah di daerah Kutai Kartanegara (Kukar) dari tahun 2022 hingga 2023, menunjukkan bahwa pembangunan bendungan dan embung telah memberikan dampak positif pada produksi pangan di wilayah tersebut.

Dalam upaya meningkatkan hasil pertanian, pemerintah daerah dan pusat telah memprioritaskan pengembangan alat mesin pertanian (alsintan), bantuan teknis, dan pelatihan bagi petani. Ini sejalan dengan visi untuk mencapai peningkatan produksi pangan dari tahun ke tahun.

“Program yang telah kami canangkan telah mulai menunjukkan hasilnya. Meskipun ada penurunan produksi gabah di akhir tahun ini karena musim kemarau, kami optimistis tahun depan akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Pembangunan bendungan dan embung bukan hanya sebagai infrastruktur fisik, tetapi juga simbol komitmen pemerintah untuk mendukung pertanian dan petani di Kaltim.

Dengan upaya bersama antara pemerintah daerah, pusat, dan dukungan penuh dari DPRD Kaltim, diharapkan sektor pertanian di provinsi ini akan terus tumbuh, menghadapi tantangan musim kemarau dengan lebih baik, dan mendorong kesejahteraan petani di masa depan.

(ADV/DPRD/FRC/56)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait