DKP Kukar Hadirkan Lomba Masak Bertema Ikan Guna Menanggulangi Stunting

Pelaksanaan lomba masak ikan yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutai Kartanegara (Istimewa)

Pelaksanaan lomba masak ikan yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutai Kartanegara (Istimewa)

Portalborneo.or.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menggelar Lomba Masak Bertema Ikan Tingkat Kabupaten tahun 2022 guna menanggulangi permasalahan stunting, Rabu (5/10/2022).

Adanya perlombaan kali ini diharapkan dapat meningkatkan keinginan masyarakat dalam mengolah masakan berbahan dasar ikan. Sejalan dengan hal tersebut diharapkan pula masyarakat dapat meningkatkan kudapan ikan lokal. Pada rangka lomba masak kali ini, DKP turut menerapkan tema “Ragam Menu Masakan Ikan Untuk Mengingatkan Masyarakat Mencegah Stunting Dan Mencerdaskan Anak”.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Kukar Totok Heru Subroto, beserta Kepala DKP Kukar Muslik dan Ketua Tim Penggerak PKK Kukar Maslianawati hadir secara langsung untuk membuka perlombaan yang diadakan tahun ini. Totok, mewakili sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah turut mengapresiasi penuh langkah DKP dalam menanggulangi stunting dengan mengadakan perlombaan tingkat kabupaten dengan bertema bahan ikan guna memenui kebutuhan gizi masyarakat.

Berita Lainnya:  Pj Gubernur Kaltim dan Bupati Kukar Hadiri Bulan Bakti Gotong Royong di Muara Badak

“Lomba ini salah satu upaya mengedukasi dan meningkatkan ketersediaan ikan melalui beragam menu masakan dengan kandungan gizi dan manfaatnya. Kami harapkan lomba ini dapat menumbuhkan kreatifitas dalam mengolah ikan secara higenis untuk usaha kuliner yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi keluarga dan sakin mendekatkan produk yang berasal dari ikan kepada masyarakat,” harap Totok.

Muslik, selaku Kepala DKP Kukar menambahkan bahwa pada perlombaan ini terdapat tiga menu ikan yang menjadi tolok ukur dalam penjurian, antara lain menu keluarga, menu balita, serta menu kudapan.

Berita Lainnya:  Pemkot Samarinda Akan Menyewa 69 Unit Mobil Guna Operasional Kerja Kelurahan dan Kecamantan, Rusdi : Beri Apresiasi

Kegiatan kali ini diikuti jawara dari tiap zona kecamatan yakni TP KKK Kecamatan Tabang, TP PKK Kecamatan Marangkayu dan TP PKK Kecamatan Sebulu. Adapula acara kali ini akan dinilai langsung oleh lima juri pakar, antara lain DKP Kukar, Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK Kukar, Dinas Ketahanan Pangan dan Perkumpulan Shef Profesional Indonesia.

“Dari lomba ini kami berharap dapat menjadi salah satu cara dalam mendukung program pemerintah memberantas stunting dengan jalan memberikan asupan gizi kepada keluarga. Baik itu usia balita hingga orang tua melalui berbagai jenis masakan dengan berbahan dasar ikan,” tutup Muslik.

Berita Lainnya:  Jimmy Imbau Pemkab Kutim Kurangi Anggaran OPD Yang Berlebihan

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Ash/ADV)

Loading

...

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Print Friendly, PDF & Email

terkait

.