DBON Puji Sekolah Menembak yang Digagas Perbakin Kaltim

Foto: Paskalis Steven (tengah), salah satu atlet muda berprestasi hasil binaan sekolah menembak Perbakin Kaltim.

Foto: Paskalis Steven (tengah), salah satu atlet muda berprestasi hasil binaan sekolah menembak Perbakin Kaltim.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Di sela pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Piala Gubernur Kaltim, yang merupakan garapan bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kaltim, topik tentang atlet-atlet muda yang memperkuat skuad pra PON menyeruak. Ini tak lepas dari keberhasilan pembinaan atlet pelajar yang digagas Perbakin Kaltim melalui sekolah menembak yang dicetuskan empat tahun silam.

Saat ini, sekolah menembak Perbakin Kaltim sudah berdiri di empat kabupaten/kota, Samarinda, Balikpapan, Bontang dan Penajam Paser Utara (PPU). Dalam ajang kualifikasi PON yang baru saja berakhir, skuad Benua Etam berisikan 90 persen atlet yang masih berstatus pelajar. Dengan hasil, Kaltim berhasil meloloskan 9 atletnya ke PON XXI tahun depan, dengan empat di antaranya masuk ke dalam zona medali.

Disinggung soal ini, Ketua Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kaltim, Roy Nirwan, mengaku bangga akan pembinaan usia dini tersebut. Apalagi, hal itu sudah dimulai sejak 4 tahun lalu, hingga akhirnya berdiri sekolah menembak di 4 kota disebut di atas. Di mana itu sangat selaras dengan program dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Kami berharap DBON Kaltim untuk bisa membantu meningkatkan kualitas dengan mendatangkan pelatih profesional,” harap Roy.

Sementara, Kepala Pelaksana Sekretariat DBON Kaltim, Zairin Zain yang ikut menghadiri pembukaan kejurnas memberikan apresiasinya untuk Perbakin Kaltim. Lewat sekolah-sekolah menembak yang digagasnya, telah mampu membina atlet-atlet usia dini, yang sejalan dengan program DBON Kaltim.

“Semoga dari sekolah menembak ini upaya untuk mempersiapkan atlet masa depan bisa berjalan dengan baik,” ucap Zairin.

Zairin juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kejurnas menembak Piala Gubernur Kaltim. “Dengan event ini, bisa menjadi barometer atlet Kaltim untuk bisa bersaing dengan penembak dari daerah lain,” ujarnya mengakhiri. (dee/AdvDisporaKaltim)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait