Dafip Haryanto Wakili Pemkab Kukar dalam Sosialisasi Pedoman Penyusunan APBD 2024

Foto: Perwakilan Pemkab Kukar mengikuti sosialisasi pedoman penyusunan APBD 2023 secara virtual. (Prokom)

Foto: Perwakilan Pemkab Kukar mengikuti sosialisasi pedoman penyusunan APBD 2023 secara virtual. (Prokom)

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Plt Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Kukar, Dafip Haryanto ikut serta dalam sosialisasi pedoman penyusunan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

Dafip mengikuti sosialisasi tersebut secara virtual di ruang Vidcon Kantor Bupati Kukar, didampingi Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sy Vanessa Vilna dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (2/11/2023).

Sosialisasi dibuka Plh Direktur jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Horas Maurits Panjaitan.

Horas Maurits Panjaitan mengatakan bahwa pertemuan secara virtual dengan pemerintah daerah dilaksanakan dalam rangka sosialisasi Permendagri No 15 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024.

“Pertemuan pada hari ini adalah untuk mensosialisasikan khususnya mengenai materi dan muatan didalam Permendagri No 15 Tahun 2023 yang nanti akan kita fokuskan terkait tentang pelaksanaan yang berkaitan dengan optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” ucapnya.

Horas mengungkapkan, melalui pertemuan ini diharapkan Pemerintah Daerah dapat mengoptimalkan alokasi anggaran-anggaran pada APBD TA 2024.

Ia juga menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan APBD.

“Prinsip-prinsip dan pokok-pokok dalam penyusunan APBD, seluruh pemerintah daerah dalam penyusunannya agar disesuaikan dengan kebutuhan, memperhatikan kondisi dan juga kapasitas fiskal daerah,” paparnya.

“APBD harus tepat waktu, ditetapkan sesuai dengan jadwal dan timeline yang sudah diatur di dalam ketentuan perundang-undangan. Target APBD juga dijadikan sebagai dasar bagi pemerintah daerah,” tutup Horas.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait