Bupati Kukar Ajukan Pembangunan Pabrik Rumpul Laut, Tepung Jahe dan Minyak Atsiri ke Kemenkop-UKM

Foto: Bupati Kukar, Edi Damansyah (tengah), bersama rombongan Kemenkop-UKM.

Foto: Bupati Kukar, Edi Damansyah (tengah), bersama rombongan Kemenkop-UKM.

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada hilirisasi sektor pertanian mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM).

Belum lama ini Deputi Bidang UKM Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman, melakukan kunjungan ke Kukar.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Kemenkop-UKM bertemu langsung dengan Bupati Kukar, Edi Damansyah, di Pendopo Odah Etam.

Pada kesempata itu, Edi Damansyah berharap Kemenkop-UKM dapat membantu dalam pembangunan pabrik industri rumput laut di Kecamatan Muara Badak.

Tak hanya itu, bantuan juga dibutuhkan untuk pengembangan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kuku.

“Proses pengadaan mesin pabrik rumput laut di Muara Badak saat ini sedang dalam tahap lelang. Oleh karena itu, saya meminta pendampingan dari Kemenkop-UKM untuk memastikan proses ini berjalan lancar,” ucap Edi Damansyah.

Pembangunan kedua pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani lokal dan menghidupkan perekonomian masyarakat setempat.

Dukungan langsung dari Kemenkop-UKM diharapkan dapat memberikan dorongan kuat untuk mengembangkan hilirisasi produk pertanian di Kukar.

Hanung merespons permohonan tersebut dengan positif.

Dia menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mendampingi Pemkab Kukar dalam pembangunan pabrik.

Dukungan ini diberikan untuk memastikan kelancaran program Pemkab Kukar, yang sejalan dengan visi Kemenkop-UKM dalam mendukung hilirisasi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

“Semua yang diinginkan oleh Pemkab Kukar akan mendapat dukungan penuh dari kami. Tim kami akan segera disiapkan untuk memberikan pendampingan yang dibutuhkan,” ungkap Hanung.

Komitmen ini menggambarkan sinergi yang erat antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung pengembangan sektor pertanian di Kukar.

Dengan bantuan dan dukungan yang bersinergi, diharapkan sektor pertanian di Kukar dapat mencapai potensinya penuh, membawa kemakmuran bagi petani, dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat ke tingkat yang lebih tinggi.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait