BUMDes Sinar Purnama Desa Loh Sumber Menjadi Produsen Beras Berkualitas dengan Brand Cap Tugu

Foto: Produksi Beras Berkualitas dengan Brand Cap Tugu, Loa Sumber (ist)

Foto: Produksi Beras Berkualitas dengan Brand Cap Tugu, Loa Sumber (ist)

Portalborneo.or.id, Samarinda – Sentuhan desa dalam dunia komoditas pangan semakin tampak, terutama melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Di Desa Loh Sumber, BUMDes Sinar Purnama berhasil menciptakan jejak melalui produksi beras berkualitas tinggi dengan merek terkenal, Cap Tugu.

BUMDes ini tidak main-main dalam mengelola usahanya. Mereka telah melengkapi diri dengan peralatan produksi modern, termasuk Rice Milling Unit (RMU), sehingga mampu memproduksi 25 ton beras per bulan. Beras berkualitas hasil produksi, yang dikenal dengan nama Beras Cap Tugu, bersaing dengan merek-merek besar di pasaran.

Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno, menjelaskan bahwa BUMDes Sinar Purnama tidak hanya berfokus pada produksi beras. Mereka juga memiliki program pembinaan dan pemberdayaan petani, termasuk pemberian pinjaman dan asuransi. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Keberhasilan BUMDes ini merupakan langkah menuju ketahanan pangan, mendukung visi Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim dan penyangga IKN Nusantara yang diusung oleh Presiden RI,” ujar Sukirno.

Tak hanya itu, ia berharap agar Pemerintah Kabupaten Kukar dapat memberikan dukungan penuh melalui pendampingan dan pemasaran, sehingga sektor pertanian produk lokal semakin berkembang.

“Langkah kerjasama antar-desa juga dijajaki, seperti dengan Desa Benua Puhun untuk mengembangkan lahan pertanian,” terangnya.

Dengan adanya Inovasi dan ketahanan ekonomi desa yang semakin mencuat, membawa nama Desa Loh Sumber dan BUMDes Sinar Purnama sebagai pelaku utama di belakang kesuksesan Cap Tugu di pasaran komoditas beras.

(adv)

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait